BIDANG KENELAYANAN

Temu Bisnis Perikanan antara Pemko Dumai dengan Pemko Sibolga

TEMU BISNIS PERIKANAN ANTARA PEMERINTAH KOTA DUMAI DENGAN PEMERINTAH KOTA SIBOLGA

Administrator | Rabu, 28 Mei 2014 - 16:18:00 WIB | dibaca: 36803 pembaca

Pembawa acara sekaligus Pembukaan oleh Kadisnakkanla Ir. H. Syafrizal, M.Sc

Kebutuhan pangan yang berasal dari sumberdaya ikan di Kota Dumai sangat tinggi seiring dengan meningkatnya pendatang khususnya para pencari kerja. Kebutuhan tersebut dipenuhi melalui hasil aktivitas penangkapan oleh nelayan dan pembudidaya ikan lokal, namun jumlah produksinya masih rendah sehingga perlu didatangkan dari luar daerah. Pasokan ikan yang berasal dari luar daerah antara lain dari Kabupaten Kampar, Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Meskipun saat ini telah ada pasokan dari luar daerah namun belum mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari dikarenakan tidak adanya perjanjian yang mengikat sehingga jumlah pasokan dan ketersediaanya tidak menentu.

Kota Sibolga merupakan sentral penghasil perikanan di Provinsi Sumatera Utara, memiliki potensi sumberdaya perikanan, khususnya penangkapan laut yang sangat potensial.Saat ini, Kota Sibolga menjadi salah satu daerah pemasok kebutuhan ikan di Provinsi Riau khususnya di Kota Dumai. Selain memenuhi kebutuhan lokal, ikan yang berasal dari Kota Sibolga juga telah diekspor melalui Kota Dumai negara tetangga (Malaysia dan Singapura).

Sebagaimana diketahui, Kota Dumai sebagai Kota ‚ÄúPENGANTIN‚ÄĚ yang bervisi jasa dan industri menjadi salahsatupintupemasaranhasilperikananyang potensial baiklokal maupun ekspor, mengingat secara geografis berada di Selat Malaka berdekatan dengan negara Malaysia dan Singapura.

Seiring pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) di Kota Dumai tanggal 21 s/d 22 Mei 2014, Pemerintah Kota Dumai dengan Pemerintah Kota Sibolga telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum Of Understanding) tentang Kerjasama Pengembangan Usaha Pemasaran dan Ekspor Hasil Perikanan. Sebagai tindaklanjut dari MoU tersebut, maka dilakukan Temu Bisnis Perikanan antara kedua Pemerintah Kota beserta pihak perbankan dan pelaku usaha perikanan (Agen dan pedagang ikan) kedua belah pihak, pada 21 Mei 2014 pukul 20.00 WIB s/d selesai bertempat di Hotel Grand Zuri Dumai.

Selain sebagai tindak lanjut penandatangan MoU, pertemuan ini juga menjadi wadah silaturrahmi, komunikasi, tukar-menukar informasi dan diskusi bagi kedua belah pihak untuk pengembangan perikanan. Dari pertemuan ini disepakati beberapa hal antara lain :

1. Masing- masing Pemerintah Kota agar segera membentuk Tim Kerja, yang terdiri dari unsur Asisten 1 dan 2, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindag, Kabag Hukum, Pihak Perbankan, Koperasi, Agen dan Pedagang Ikan.

2. Selanjutnya Tim Kerja akan menyusun perjanjian kerjasama yang lebih teknis, rinci dan detil.

3. Adapun pola kerjasama yang akan dibangun memiliki pola Kerjasama B to B atau Bussiness to Bussiness diharapkan menciptakan hubungan kemitraan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, terutama bagi kebutuhan lokal dan ekspor perikanan.

4. Diharapkan adanya MoU ini menjadi payung hukum bagi pengembangan usaha perikanan yang telah terjalin sebelumnya sehingga akan lebih meningkat dan lebih baik lagi. (Sumber : Kadisnakkanla dan Bid. PTPP)










Komentar Via Website : 1912
Pengobatan Tepat Untuk Kanker Servik
03 Juni 2014 - 13:53:13 WIB
Siang, Terimakasih untuk informasinya
Semoga bermanfaat informasinya
http://goo.gl/UX2lYp
Obat Tumor Lidah Alami
03 Juni 2014 - 13:55:44 WIB
Semua beritanya sangat menarik
termakasih untuk beritanya gan
http://goo.gl/NO8Joq
Obat Radang Selaput Otak
03 Juni 2014 - 13:58:20 WIB
Info yang bagus, mantap gan infonya
http://goo.gl/YX1HnV
Obat Herbal Batu Empedu
03 Juni 2014 - 14:00:40 WIB
Thanks ya gan buat infonya
http://goo.gl/SjhGZ5
Obat Sakit Pinggang Akut
03 Juni 2014 - 14:03:07 WIB
Informasi yang bagus dan menarik
Thanks ya gan buat infonya
http://goo.gl/Q0r2MV
Obat Vertigo Tradisional
03 Juni 2014 - 14:05:25 WIB
Makasih banyak buat infonya
http://goo.gl/r7cWgJ
Obat Herbal Leukemia
03 Juni 2014 - 14:07:53 WIB
mengesankan informasinya
thanks ya gan buat informasinya
http://goo.gl/To1Y5g
Obat Nyeri Sendi Herbal
03 Juni 2014 - 14:09:56 WIB
Terimakasih banyak untuk infonya
http://goo.gl/XG1lOL
Obat Maag Kronis
03 Juni 2014 - 14:11:53 WIB
Terimakasih infonya
http://goo.gl/Wzey0J
Obat Penyakit Radang Usus Herbal
03 Juni 2014 - 14:13:59 WIB
Thanks ya gan buat info yang sudah anda berikan
http://goo.gl/ut6Y1K


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)